PT. Kontakperkasa Futures, selaku anggota dari Bursa Berjangka Jakarta dan anggota Kliring Berjangka Indonesia, berbekal pengalaman dan kemampuan dalam mengembangkan perdagangan berjangka komoditi di tanah air, dengan menyediakan layanan transaksi derivatif lainnya yang sangat diminati investor yaitu transaksi derivatif indeks saham selain transaksi derivatif komoditi yang telah ada.

PT KONTAK PERKASA FUTURES - Pasar keuangan atau financial market menyediakan suatu mekanisme penciptaan dan pertukaran aktiva keuangan. Walaupun aktiva keuangan dapat dibeli dan dijual secara pribadi, namun pada kebanyakan pasar keuangan yang telah maju terdapat peluang untuk memperdagangkan aktiva keuangan pada beberapa struktur institusional.

 Penggolongan Pasar Keuangan

Terdapat berbagai cara untuk mengelompokkan pasar keuangan. Salah satu caranya adalah melalui jenis klaim keuangan. Klaim keuangan yang diperdagangkan pada pasar keuangan dapat berjumlah tetap maupun bervariasi. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, aktiva keuangan disbut juga instrumen hutang, sedangkan pasar keuangan dimana instrumen tersebut diperdagangkan disebut pasar hutang. Aktiva keuangan lainnya disebut instrumen ekuitas dan pasar keuangan dimana instrumen tersebut diperdangangkan disebut pasar ekuitas atau bursa saham. Saham preferen merupakan klaim ekuitas yang memberikan hak kepada investor untuk menerima pembayaran dalam jumlah tetap. Umumnya instrumen hutang dan saham preferen dikelompokkan sebagai bagian dari pasar penghasilan tetap. Sektor bursa saham di luar saham preferen disebut pasar saham biasa.

Cara lain untuk mengelompokkan pasar keuangan adalah berdasarkan jatuh temponya. Sebagai contoh, terdapat pasar keuangan untuk instrumen hutang jangka pendek disebut pasar uang(money market) dan instrumen aktiva keuangan dengan jatuh tempo yang lebih panjang disebut pasar modal atau capital market.Aktiva keuangan jangka pendek adalah instrumen yang jatuh temponya kurang dari atau sama dengan satu tahun, sedangkan aktiva keuangan jangka panjang memiliki masa jatuh tempo lebih dari satu tahun. Pasar bagi aktiva keuangan yang diterbitkan pertama kali disebut pasar primer. Setelah kurun waktu tertentu aktiva keuangan dibeli dan dijual oleh sesama investor. Pasar dimana kegiatan perdagangan tersebut dilakukan disebut pasar sekunder.

 Fungsi Pasar Keuangan

Pasar keuangan memiliki tiga fungsi ekonomi utama. Pertama, pasar menentukan harga aktiva yang diperdagangkan melalui interaksi antara penjual dan pembeli. Hal ini disebut proses penemuan harga (price discovery process). Kedua, pasar keuangan menyediakan suatu mekanisme bagi investor untuk menjual aktiva kewajibannya. Karena kegunaannya tersebut, pasar keuangan dianggap dapat menawarkan suatu likuiditas, yaitu kemampuan untuk mengubah aktiva menjadi kas.

Fungsi ekonomi pasar keuangan yang ketiga adalah kemamuannya untuk menurunkan biaya transaksi. Dua biaya dihubungkan dengan usaha transaksi: biaya pencarian dan biaya informasi. Biaya pencarian mengacu kepada biaya eksplisit, seperti biaya iklan dan biaya implicit seperti waktu yang dihabiskan untuk menemukan penjual atau pembeli. Biaya informasi merupakan biaya yang dikeluarkan dalam menilai hasil investasi aktiva keuangan.

 Globalisasi Pasar Keuangan

Globalisasi berarti perpaduan atau intergrasi pasar keuangan seluruh dunia kedalam suatu pasar keuangan internasional. Factor faktoryang mendorong rciptanya integrasi asar keuangan adalah:

  1. Deregulasi atau liberalisasi pasar dan aktifitas peserta pasar pda pusat keungan dunia,
  2. Kemajuan teknologi yang memungkan pengawasan pasar dunia, pelaksanaan pesanan dan analisis peluang keuangan, dan
  3. Peningkatan institusionalisasi pasar keuangan.

Ketiga factor diatas saling berhubungan.

Pergeseran peranan dua jenis investor, inverstor ritel dan institusional, dalam pasar keuangan merupakan faktor ketiga yang menyebabkan intergrasi pasar keuangan. Investor institusional adalah entitas seperti dana pensiun, perusahaan asuransi, perusahaan investasi, bank kormesial, serta asosiasi simpanan dan pinjaman. Investor institusional disebut juga institusi keuangan. Investor institusional memiliki kemauan yang lebih besar investr individual untuk menginvestasikan dana yang dimilikinya keluar negri sebagai usaha untuk memperbaiki peluang hasil/ resio portofolio. Lebih jauh lagi, insvestor tidak hanya melakukan investasi pasar keuangan di negara-negara maju, namun juga di Negara-negara berkembang. Terdapat peningkatan partisiparsi dalam pasar keuangan ekonomi berkembang yang biasa disebut pasar berkembang (emerging market).

KONTAK PERKASA