PT. Kontakperkasa Futures, selaku anggota dari Bursa Berjangka Jakarta dan anggota Kliring Berjangka Indonesia, berbekal pengalaman dan kemampuan dalam mengembangkan perdagangan berjangka komoditi di tanah air, dengan menyediakan layanan transaksi derivatif lainnya yang sangat diminati investor yaitu transaksi derivatif indeks saham selain transaksi derivatif komoditi yang telah ada.

Secara umum mekanisme perdagangan dibagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu multilateral dan bilateral. Multilateral adalah suatu mekanisme transaksi (jual/beli) antara banyak pihak dengan banyak pihak dengan sistem tawar-menawar secara terbuka di bursa. Sedangkan bilateral adalah transaksi yang hanya dilakukan oleh satu pihak dengan satu pihak yang biasanya terjadi di luar bursa atau dikenal dengan over-the-counter (OTC).

Mekanisme multilateral diterapkan di dalam perdagangan berjangka bertujuan untuk proses pembentukan harga (price discovery), aktivitas lindung nilai (hedging), serta manfaat ekonomi lainnya. Mekanisme ini umumnnya dapat dilakukan serah terima fisik komoditi. Sementara mekanisme di luar bursa (OTC) atau dikenal dengan istilah Sistem Perdagangan Alternatif (SPA) diselenggarakan hanya untuk tujuan spekulasi dan penyelesaiannya dilakukan secara tunai.

 

MULTILATERAL

BILATERAL

Dalam bursa

Luar bursa (SPA)

Aturan bursa

Aturan penyelenggara SPA

Sistem bursa (JAFeTS,J-Trader)

Sistem penyelenggara

Lawan tidak tetap

Lawan tetap

Umumnya Order Driven

Semuanya Quote Driven

Bisa tidak ada harga

Pasti ada harga

Bisa antri

Harus makan harga yang ada

Harga sama untuk satu kontrak

Spread berbeda-beda

Bursa netral

Motivasi untung

 

Alur Perdagangan Multilateral

Multilateral

Keterangan: N = Nasabah (Client)

 

Alur Perdagangan Bilateral

Bilateral